Kamis, 10 Juni 2010

Profil Almira Home Care Services




Kata Pengantar

Puji Syukur Kehadirat Allah SWT, atas segala nikmat dan karunia-NYA yang telah kita terima tak terhitung banyaknya. Demikian halnya dengan nikmat kesehatan yang merupakan suatu nikmat yang kadang-kadang kita lupakan hingga kita menyadarinya dikala mendapat sakit, semoga kita tidak termasuk orang-orang tersebut, amin.

Di era Globalisasi sekarang ini Jumlah Pelayanan Kesehatan sudah semakin meningkat dan semakin beragam jenisnya mulai dari Praktek dokter, Puskesmas, Klinik dan Rumah Sakit. Namun seiring kemajuan jaman dan tersediannya Jenis pelayanan tersebut, jumlah penduduk yang mengharapkan atau yang membutuhkan pelayanan kesehatan juga semakin meningkat. Sehingga kadang-kadang kapasitas dari Rumah Sakit atau klinik dan juga Puskesmas Rawat inap tidak dapat mencakup seluruh permintaan tersebut, sedangkan masyarakat sangat membutuhkan pertolongan akan tenaga kesehatan yang merawat dan memonitor kondisinya setiap saat. Melihat kondisi tersebut serta melihat program kerja DEPKES dalam melakukan Asuhan Keperawatan Keluarga (ASGA), dan sejalan dengan hal itu kami mendirikan ALMIRA HOME CARE SERVICES ini.

ALMIRA HOME CARE SERVICES memiliki tujuan ikut membantu program pemerintah untuk meningkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat pada umumnya dan turut membantu Program DEPKES dalam memberikan Asuhan Keperawatan Keluarga.

Semoga apa yang menjadi niat kami untuk membantu masyarakat dan juga pemerintah dalam meningkatkan derajat kesehatan dapat tercapai dan mendapat dukungan semua pihak, kami akan berusaha berbuat yang terbaik bagi masyarakat dan semoga apa yang kami lakukan dapat berbuah manis dikemudian hari, namun demikian untuk kemajuan dan kesempurnaan semua kegiatan kami maka masukan saran dan kritik dari pihak lain sangat kami harapkan.

Ketua

BAB I

PENDAHULUAN

1. Pengertian HOME CARE

Home Care Sebenarnya bukan hal baru mengingat layanan perawatan di rumah penderita sudah sejak lama dilakukan dan menjadi salah satu program Depkes, yakni “asuhan keperawatan Keluarga“.

Pelayanan kesehatan di rumah (Home Care) adalah pelayanan keperawatan yang diberikan kepada pasien di rumahnya, yang merupakan sintesa dari pelayanan keperawatan komunitas dan keterampian teknikal tertentu yang berasal dari spesialisasi kesehatan tertentu, yang befokus pada asuhan keperawatan individu dengan melibatkan keluarga , dengan tujuan menyembuhkan, mempertahankan dan meningkatkan kesehatan fisik, mental/ emosi pasien.

Perawatan kesehatan di rumah merupakan salah satu jenis dari perawatan jangka panjang (Long term care) yang dapat diberikan oleh tenaga profesional maupun non profesional yang telah mendapatkan pelatihan. Perawatan kesehatan di rumah yang merupakan salah satu bentuk pelayanan kesehatan adalah suatu komponen rentang pelayanan kesehatan yang berkesinambungan dan komprehensif diberikan kepada individu dan keluarga di tempat tinggal mereka yang bertujuan untuk meningkatkan, mempertahankan atau memulihkan kesehatan serta memaksimalkan tingkat kemandirian dan meminimalkan akibat dari penyakit termasuk penyakit terminal.


2. Latar Belakang berdirinya Almira Home Care Services

Latar belakang berdirinya ALMIRA HOME CARE Yaitu :

a. Permintaan keluarga penderita yang diharuskan opname, namun tempat di Rawat Inap penuh

b. Keterbatasan masyarakat untuk membiayai pelayanan kesehatan pada kasus-kasus penyakit degeneratif yang memerlukan perawatan yang relatif lama. Dengan demikian berdampak pada makin meningkatnya kasus-kasus yang memerlukan tindak lanjut keperawatan di rumah. Misalnya pasien pasca stroke yang mengalami komplikasi kelumpuhan dan memerlukan pelayanan rehabilitasi yang membutuhkan waktu relatif lama,

c. Membantu Manajemen rumah sakit mengurangi LOS (Lenght on Stay) Rumah Sakit, dimana Rumah Sakit merasakan bahwa perawatan klien yang sangat lama (lebih 1 minggu) dan seharusnya bisa dirawat jalan tidak pulang karena ketidak mampuan keluarga merawat dirumah.

d. Banyaknya orang merasakan bahwa dirawat inap di institusi pelayanan kesehatan membatasi kehidupan manusia, karena seseorang tidak dapat menikmati kehidupan secara optimal karena terikat dengan aturan-aturan yang ditetapkan

e. Lingkungan di rumah ternyata dirasakan lebih nyaman bagi sebagian klien dibandingkan dengan perawatan di rumah sakit, sehingga dapat mempercepat kesembuhan (Depkes, 2002).


3. Landasan Hukum

a. UU Kes.No. 36 tahun 2009 tentang kesehatan

b. PP No. 25 tahun 2000 tentang perimbangan keuangan pusat dan daerah.

c. UU No. 32 tahun 2004 tentang pemerintahan daerah

d. UU No. 29 tahun 2004 tentang praktik kedokteran

e. Kepmenkes No. 1239 tahun 2001 tentang regestrasi dan praktik perawat

f. Kepmenkes No. 128 tahun 2004 tentang kebijakan dasar puskesmas

g. Kepmenkes No. 279 tahun 2006 tentang pedoman penyelenggaraan Perkesmas.

h. SK Menpan No. 94/KEP/M. PAN/11/2001 tentang jabatan fungsonal perawat.

i. PP No. 32 tahun 1996 tentang tenaga kesehatan

j. Permenkes No. 920 tahun 1986 tentang pelayan medik swasta

k. Permenkes RI No. HK.02.02/MENKES/148/2010 tentang Izin dan Penyelengaraan Praktik Perawat.

4. Tujuan ALMIRA HOME CARE

Tujuan Umum: Meningkatkan Kualitas hidup dan derajat kesehatan Masyarakat

Tujuan Khusus :

a. Terpenuhinya kebutuhan dasar (bio-psiko-sosial-Spiritual)

b. Menguatkan ikatan dan kedekatan antar keluarga

c. Meningkatkan kemandirian keluarga dalam pemeliharaan kesehatan

d. Meningkatkan Kualitas pelayanan kesehatan di rumah.

BAB II

MANAJEMEN

1. Struktur Organisasi

ALMIRA HOME CARE SERVICES bernaung dibawah badan hukum Yayasan Almira Insan Sehati dengan struktur organisasi sebagai berikut :

Penanggung Jawab : Yayasan Almira Insan Sehati

Manajer : dr. Ida Yulianti

Sekretaris : Irfan Hasan Mubarak, SE

Bendahara : Armuni, Amk

Koordinator Medik & Paramedik : dr. Diauddin

Humas dan Pemasaran : Sugeng Riyanto, SKM.M.Kes

Dr. Yulisa Haslinda

2. Ketenagaan

Almira Home Care Services Sampai saat ini telah memiliki 10 dokter umum, 25 orang perawat dengan kualifikasi pendidikan DIII, 2 orang bidan kualifikasi pendidikan DIII, 1 orang ahli gizi kualifikasi pendidikan DIV (daftar Nama pelaksana bisa dilihat pada lampiran)

3. Peralatan

a. Tabung Oksigen + Regulator

b. Nebulizer

c. Resusitasi kit

d. Tiang Infus

e. Timbangan dewasa

f. Timbangan Gantung

g. Cauter Set

h. Partus Set

i. Peralatan Bedah Minor

j. Neirbeken

k. Ambulance

l. Tandu

m. Urinal

n. Laser Belt Health

o. Alat cek GD/CH/AU

p. Palu Reflek

q. Stetoskop

r. Termometer

s. Alat sterilisator

4. Alur Pelayanan

Alur pelayanan kami sebagai berikut:

a. Permintaan pribadi/keluarga pasien/dokter pengirim/Rumah Sakit/Rekomender disampaikan melalui dua cara yaitu datang langsung ke sekretariat Almira Home Care Services Jl. Sekumpul Gg. Penghulu No.19C Rt. 3 Martapura Kalimantan Selatan atau melalui telpon ke no hp: 0812 5105 1115, flexy: 0511 6399064 , telp sekretariat : 0511 4722200

b. Selanjutnya Operator kami akan mengutus pelaksana Perawat ke Tempat pasien dengan membawa surat tugas serta peralatan yang diperlukan dan menghubungi koordinator medik untuk menghubungkan dokter pelaksana ke tempat pasien.

c. Setelah perawatan selesai dilakukan sesuai prosedur yang ditetapkan, pembayaran akan di tagihkan oleh bendahara sesuai tarif yang telah disepakati. Penagihan pembayaran yang dilakukan oleh bendahara dilakukan sesuai kesepakatan dengan keluarga/pasien (perminggu/perbulan/setelah perawatan selesai diberikan)

d. Pasien/keluarga dapat menyampaikan keluhan/kritik/saran kepada Almira Home Care melalui telp,E-mail, atau datang langsung ke sekretariat.



5. Apa kelebihan kami?

a. Cepat

Petugas kami akan segera menuju rumah pasien paling lama 30 menit setelah permintaan perawatan dilakukan baik oleh pasien sendiri, keluarga, rujukan dokter, rumah sakit maupun rekomender. *)

b. Tepat

Setiap pelayanan yang diberikan oleh pelaksana perawat sesuai dengan kondisi medis pasien dan berpedoman dengan Standar Operasinal dan standar kerja yang telah kami miliki. Dengan selalu berkonsultasi dan dibawah pengawasan dokter penanggung jawab dan didukung oleh pemeriksaan laboratorium.

c. Terpercaya

Kami bekerja sesuai bidang dan keahlian masing-masing anggota pelaksana yang telah memiliki ijin baik dokter (surat ijin pratek) maupun perawat (surat ijin perawat/surat ijin kerja).

d. Komprehensif

Kami memberikan pelayanan yang komprehensif dengan melihat aspek kebutuhan biologis, sosial dan spiritual pasien melalui kolaborasi dengan semua bidang (dokter-perawat-ahli gizi-laboratorium-apotik dan pemberian motivasi spiritual jika diperlukan)

e. Memiliki produk jasa hipnoterafi

Hipnoterafi merupakan layanan kesehatan yang digabungkan dengan hipnostis yang akan memberikan sugesti positif kepada setiap pasien sehingga mempercepat proses kesembuhan, untuk kasus terminal dan penyakit kronis membantu meningkatkan pemahaman dan penerimaan diri terhadap kondisi medis yang dialami.

f. Memiliki kerjasama dengan apotik, Laboratorium

g. Ambulance

Pelayanan kami didukung oleh mobil ambulance sehingga membantu memudahkan memobilisasi pasien, baik untuk pemeriksaan laboratorium, rujukan maupun konsultasi dengan spesialis atau menjemput pasien yang dirujuk rumah sakit untuk diteruskan perawatannya dirumah oleh kami.

6. Denah Lokasi



2 komentar:

  1. ass.
    sy ai lulusan D3 kebidanan, pernah home care pasien dengan diabetes, stroke disertai penggunaan NGT,catheter,oksigen,suction dll.perawatan bayi dengan kelainan,ibu nifas fisiologis, post cesar.besar harapan saya jika ALMIRA mengizinkan saya ikut bergabung disana.
    trim's

    BalasHapus
  2. @ Anonim Kebidanan, dengan senang hati kami menerima rekan sejawat yang ingin bergabung. silahkan anda masukkan lamaran serta data diri anda dengan lengkap dan dikirimkan ke alamat sekretariat kami diatas, nanti kami akan menghubungi anda, jika masuk kategori orang yang kami cari. Terima kasih

    BalasHapus


Cari Blog Ini

Pengikut