Tentang Kami

PENDAHULUAN

1. Pengertian HOME CARE
Home Care Sebenarnya bukan hal baru mengingat layanan perawatan di rumah penderita sudah sejak lama dilakukan dan menjadi salah satu program Depkes, yakni “asuhan keperawatan Keluarga“.
Pelayanan kesehatan di rumah adalah pelayanan keperawatan yang diberikan kepada pasien di rumahnya, yang merupakan sintesa dari pelayanan keperawatan komunitas dan keterampian teknikal tertentu yang berasal dari spesialisasi kesehatan tertentu, yang befokus pada asuhan keperawatan individu dengan melibatkan keluarga , dengan tujuan menyembuhkan, mempertahankan dan meningkatkan kesehatan fisik, mental/ emosi pasien.

Perawatan kesehatan di rumah merupakan salah satu jenis dari perawatan jangka panjang (Long term care) yang dapat diberikan oleh tenaga profesional maupun non profesional yang telah mendapatkan pelatihan. Perawatan kesehatan di rumah yang merupakan salah satu bentuk pelayanan kesehatan adalah suatu komponen rentang pelayanan kesehatan yang berkesinambungan dan komprehensif diberikan kepada individu dan keluarga di tempat tinggal mereka yang bertujuan untuk meningkatkan, mempertahankan atau memulihkan kesehatan serta memaksimalkan tingkat kemandirian dan meminimalkan akibat dari penyakit termasuk penyakit terminal.

2. Latar Belakang berdirinya Almira Home Care Services
Latar belakang berdirinya ALMIRA HOME CARE Yaitu :
a. Permintaan keluarga penderita yang diharuskan opname, namun tempat di Rawat Inap penuh
b. Keterbatasan masyarakat untuk membiayai pelayanan kesehatan pada kasus-kasus penyakit degeneratif yang memerlukan perawatan yang relatif lama. Dengan demikian berdampak pada makin meningkatnya kasus-kasus yang memerlukan tindak lanjut keperawatan di rumah. Misalnya pasien pasca stroke yang mengalami komplikasi kelumpuhan dan memerlukan pelayanan rehabilitasi yang membutuhkan waktu relatif lama,
c. Membantu Manajemen rumah sakit mengurangi LOS (Length of Stay) Rumah Sakit, dimana Rumah Sakit merasakan bahwa perawatan klien yang sangat lama (lebih 1 minggu) dan seharusnya bisa dirawat jalan tidak pulang karena ketidak mampuan keluarga merawat dirumah.
d. Banyaknya orang merasakan bahwa dirawat inap di institusi pelayanan kesehatan membatasi kehidupan manusia, karena seseorang tidak dapat menikmati kehidupan secara optimal karena terikat dengan aturan-aturan yang ditetapkan
e. Lingkungan di rumah ternyata dirasakan lebih nyaman bagi sebagian klien dibandingkan dengan perawatan di rumah sakit, sehingga dapat mempercepat kesembuhan (Depkes, 2002).

3. Landasan Hukum
a. UU Kes.No. 36 tahun 2009 tentang kesehatan
b. PP No. 25 tahun 2000 tentang perimbangan keuangan pusat dan daerah.
c. UU No. 32 tahun 2004 tentang pemerintahan daerah
d. UU No. 29 tahun 2004 tentang praktik kedokteran
e. Kepmenkes No. 128 tahun 2004 tentang kebijakan dasar puskesmas
g. Kepmenkes No. 279 tahun 2006 tentang pedoman penyelenggaraan Perkesmas.
h. SK Menpan No. 94/KEP/M. PAN/11/2001 tentang jabatan fungsonal perawat.
i. PP No. 32 tahun 1996 tentang tenaga kesehatan
j. Permenkes No. 920 tahun 1986 tentang pelayan medik swasta
k. Permenkes RI No. HK.02.02/MENKES/148/2010 tentang Izin dan Penyelengaraan Praktik Perawat.

4. Tujuan ALMIRA HOME CARE
Tujuan Umum: Meningkatkan Kualitas hidup dan derajat kesehatan Masyarakat
Tujuan Khusus :
a. Terpenuhinya kebutuhan dasar (bio-psiko-sosial-Spiritual)
b. Menguatkan ikatan dan kedekatan antar keluarga
c. Meningkatkan kemandirian keluarga dalam pemeliharaan kesehatan
d. Meningkatkan Kualitas pelayanan kesehatan di rumah.

5. Perizinan
a. Akta Pendirian Yayasan : Nomor 71 Tanggal 31 Oktober 2009
b. Pengesahan Yayasan Oleh Menkumham Nomor : AHU.1183.AH.01.04.Tahun.2010
c. SKTU Nomor : 500 / 29/KS-X/2009
d. NPWP : 03.018.028.5-732.000
e. SIP Dokter dan SIP/SIK Perawat oleh masing-masing pelaksana

BAB II
MANAJEMEN

1. Struktur Organisasi
ALMIRA HOME CARE SERVICES bernaung dibawah badan hukum Yayasan Almira Insan Sehati dengan struktur organisasi sebagai berikut :
Penanggung Jawab : Yayasan Almira Insan Sehati
Manajer : dr. Ida Yulianti
Sekretaris : Irfan Hasan Mubarak, SE
Bendahara : Armuni, Amk
Koordinator Medik & Paramedik : dr. Diauddin
Humas dan Pemasaran : Sugeng Riyanto, SKM.M.Kes
Dr. Yulisa Haslinda

2. Ketenagaan
Almira Home Care Services Sampai saat ini telah memiliki 10 dokter umum, 25 orang perawat dengan kualifikasi pendidikan DIII, 2 orang bidan kualifikasi pendidikan DIII, 1 orang ahli gizi kualifikasi pendidikan DIV (daftar Nama pelaksana bisa dilihat pada lampiran)

3. Peralatan
a. Tabung Oksigen + Regulator
b. Nebulizer Merk Omron
c. Resusitasi kit
d. Tiang Infus
e. Timbangan dewasa
f. Timbangan Gantung
g. Cauter Set
h. Partus Set
i. Peralatan Bedah Minor
j. Neirbeken
k. Ambulance
l. Tandu
m. Urinal
n. Laser Belt Health
o. Alat cek GD/CH/AU
p. Palu Reflek
q. Stetoskop
r. Termometer
s. Alat sterilisator

4. Alur Pelayanan
Alur pelayanan kami sebagai berikut:
a. Permintaan pribadi/keluarga pasien/dokter pengirim/Rumah Sakit/Rekomender disampaikan melalui dua cara yaitu datang langsung ke sekretariat Almira Home Care Services Jl. Sekumpul Gg. Penghulu No.19C Rt. 3 Martapura Kalimantan Selatan atau melalui telpon ke no hp: 0812 5105 1115, flexy: 0511 6399064 , telp sekretariat : 0511 4722200
b. Selanjutnya Operator kami akan mengutus pelaksana Perawat ke Tempat pasien dengan membawa surat tugas serta peralatan yang diperlukan dan menghubungi koordinator medik untuk menghubungkan dokter pelaksana ke tempat pasien.
c. Setelah perawatan selesai dilakukan sesuai prosedur yang ditetapkan, pembayaran akan di tagihkan oleh bendahara sesuai tarif yang telah disepakati. Penagihan pembayaran yang dilakukan oleh bendahara dilakukan sesuai kesepakatan dengan keluarga/pasien (perminggu/perbulan/setelah perawatan selesai diberikan)
d. Pasien/keluarga dapat menyampaikan keluhan/kritik/saran kepada Almira Home Care melalui telp,E-mail, atau datang langsung ke sekretariat.


5. Mengapa memilih layanan kesehatan dari Almira Hoe Care?
a. Cepat
Petugas kami akan segera menuju rumah pasien paling lama 30 menit setelah permintaan perawatan dilakukan baik oleh pasien sendiri, keluarga, rujukan dokter, rumah sakit maupun rekomender. *)
b. Tepat
Setiap pelayanan yang diberikan oleh pelaksana perawat sesuai dengan kondisi medis pasien dan berpedoman dengan Standar Operasinal dan standar kerja yang telah kami miliki. Dengan selalu berkonsultasi dan dibawah pengawasan dokter penanggung jawab dan didukung oleh pemeriksaan laboratorium.
c. Terpercaya
Kami bekerja sesuai bidang dan keahlian masing-masing anggota pelaksana yang telah memiliki ijin baik dokter (surat ijin pratek) maupun perawat (surat ijin perawat/surat ijin kerja).
d. Komprehensif
Kami memberikan pelayanan yang komprehensif dengan melihat aspek kebutuhan biologis, sosial dan spiritual pasien melalui kolaborasi dengan semua bidang (dokter-perawat-ahli gizi-laboratorium-apotik dan pemberian motivasi spiritual jika diperlukan)
e. Memiliki produk jasa hipnoterafi
Hipnoterafi merupakan layanan kesehatan yang digabungkan dengan hipnostis yang akan memberikan sugesti positif kepada setiap pasien sehingga mempercepat proses kesembuhan, untuk kasus terminal dan penyakit kronis membantu meningkatkan pemahaman dan penerimaan diri terhadap kondisi medis yang dialami.
f. Memiliki kerjasama dengan apotik, Laboratorium
g. Ambulance
Pelayanan kami didukung oleh mobil ambulance sehingga membantu memudahkan memobilisasi pasien, baik untuk pemeriksaan laboratorium, rujukan maupun konsultasi dengan spesialis atau menjemput pasien yang dirujuk rumah sakit untuk diteruskan perawatannya dirumah oleh kami.

6. Denah Lokasi


Cari Blog Ini

Pengikut